√ Pengertian CV, Fungsi, Ciri, Manfaat, Jenis, 3 Cara & Tips

Pengertian Curriculum vitae (CV; juga ditulis curriculum vitæ) disebut juga dengan daftar riwayat hidup merupakan suatu dokumen yang berisikan informasi data diri, umumnya di dalam CV ini menjabarkan data dan informasi yang dibutuhkan untuk melamar suatu pekerjaan seperti informasi pribadi, pendidikan, keahlian, pengalaman pekerjaan. CV ini merupakan salah satu bagian terpenting untuk dibuat sebelum melamar pekerjaan.

 Pengertian-CV

Jadi supaya calon perusahaan tertarik dengan CV yang kalian buat salah satunya agar ialah dengan membuat CV dalam bahasa inggris karena hal ini mengindikasikan bahwa kalian mempunyai kepercayaan diri yang tinggi.

CV merupakan sautu dokumen yang penting serta sering kali disamakan dengan resume atau cover letter. Sedangkan, ketiga dokumen tersebut berbeda isi, tujuan serta fungsinya. CV merupakan dokumen yang dipakai untuk menuliskan kronologis dari jalan hidup kalian seperti pencapaian serta kualitas hidup yang dideskripsikan menjadi lebih dari dua halaman.

Note :
Resume Adalah sebuah ringkasan dari suatu karangan (pengalaman kerja dan prestasi sesuai dengan pekerjaan yang dilamar) dengan mengambil pokoknya dan menyisihkan rincian dan ilustrasi.

Cover Letter Adalah surat pengantar yang di dalamnya terdapat alasa dan motivasi yang kalian tunjukan untuk perusahaan/organisasi ataupun perorangan yang membuka lowongan pekerjaan. Hal ini membuat kalian jadi terlihat lebih profesional.


Fungsi CV (Curriculum Vitae)

CV merupakan dokumen yang sangat penting, karena CV ini merupakan wadah di mana kesan pertama perusahaan tentang si itu akan terlihat. Nah dibawah ini merupakan fungsi CV yang perlu diketahui:

  1. Memperkenalkan diri kepada perusahaan.
  2. Mengklasifikasikan pelamar berdasarkan jenjang pendidikan dan pengalamannya.
  3. Mengetahui kemampuan dan keterampilan pelamar.
  4. Mengetahui nominal gaji yang layak bagi seorang pelamar.
Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Etnosentrisme, 3 Faktor, Dampak, Menurut Ahli, Contoh

Manfaat CV (Curriculum Vitae)

Di dalam CV ini menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri serta lain sebagainya. Dengan CV maka perusahaan atau perorang dapat memeriksa dan juga mengetahui perkembangan karir kalian.

Jadi CV ini bermanfaat supaya perusahaan atau perorangan tersebut mengetahui serta juga mendapat gambaran tentang diri kalian.


Ciri CV (Curriculum Vitae)

Dibawah ini merupakan karakteristik atau ciri dari CV :

  1. Menggunakan bahasa yang formal dan sesuai EYD
  2. Berisi informasi atau diri yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar
  3. Menggunakan desain yang menarik namun tidak berlebihan
  4. Rapi

Jenis CV (Curriculum Vitae)

Terdapat beberapa jenis CV yang perlu untuk kalian ketahui, agar kalian tau konsep dan jenis dari CV, jenis CV sebagai berikut :

CV Berdasarkan Ketentuan

CV yang berdasarkan ketentuan ini ditentukan oleh Instansi, Lembaga, Perusahaan dan lain sebagainya, jenis ni adalah jenis yang sudah membakukan CV sendiri dalam bentuk blanko atau form. Biasanya CV jenis ini di isi dan akan diberikan ke perusahaan terkait melalui pos, email dan saat kalian berada diperusahaan tersebut. CV ini biasanya akan tetap akan diarsipkan baik itu yang diterima maupun yang tidak diterima.


CV Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan tujuan, jenis cv ini kemudian dibuat khusus untuk perusahaan yang dituju atau pun pada bidang pekerjaan yang difokuskan. Oleh karena itu, Jadi ada beberapa hal yang tidak perlu kalian masukan kedalam CV ini apalagi itu tidak berhubungan dengan tujuan. Dan di dalam menulis curriculum vitae yang berdasarkan tujuan ini intinya kalian harus mempunyai tujuan yang jelas serta informasi yang cukup.


CV Berdasarkan Urutan Kronologis

CV ini sangat umum dibuat oleh banyak orang, CV ini berisikan data pribadi, pendidikan, Pengalama kerja sesuai dengan urutan riwayat kalian. Dengan maksud memperlihatkan perkembangan karir si pelamar. CV jenis ini juga disukai banyak perusahaan karna format penulisan yang rapih dan jelas.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Biografi, Ciri, Struktur, 3 Jenis, Cara Membuat

CV Berdasarkan Keterampilan

Berfokus pada keterampilan, fungsinya agar dapat meyakinkan bahwa kalian mempunyai keterampilan yang mumpuni untuk berada diposisi tersebut. CV ini cocok buat kalian yang ingin berganti bidang pekerjaan bahkan untuk fresh graduate.


Tujuan CV (Curriculum Vitae)

Tujuan dari dokumen ini ialah untuk menunjukkan bahwa kalian memiliki kemampuan dan keterampilan yang dibuthkan (dan beberapa yang saling melengkapi) untuk dapat melakukan pekerjaan tersebut. penjelasannya sebagai berikut

  1. Untuk memberitahukan kepada perusahaan atau perorang mengenai perkembangan diri kalian.
  2. Agar mendapatkan kesempatan wawancara untuk pekerjaan yang kalian lamar
  3. Untuk menunjukkan bagaimana kalian cocok dan memenuhi kriteria untuk pekerjaan tersebut.
  4. Untuk memperlihatkan kualitas diri kalian dan meyakinkan perusahaan atau perorang kalian lamar.
  5. Sebagai Dokumen promosi diri.
  6. Untuk mengevaluasi kesesuaian kalian untuk peran atau posisi spesifik yang telah kalian lamar.

5 Konsep dasar dalam membuat CV (Curriculum Vitae)

Terdapat lima konsep dasar untuk membuat CV, 5 konsep itu adalah :

  1. CV Wajib untuk memasarkan kemampuan dan keterampilan dan kualitas kalian sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman kalian.
  2. CV itu tidak berfokus pada masa lalu, harus bisa mewakili diri kalian dan kemampuan saat ini.
  3. Adanya penekanan rencana yang kalian berikan untuk masa depan dalam mencapai tujuan.
  4. CV ini menekanan pada prestasi yang akan kalian raih dalam melakukan pekerjaan.
  5. CV ini juga harus mencerminkan kemapuan dan keterampilan kalian, jadi bukan hanya perilaku kalian sehari-hari ditempat kerja.

Cara Membuat Curriculum Vitae

Cara membuat CV yang baik dan benar, penjelasannya sebagai berikut :

1. Meneliti Perusahaan

Lihatlah terlebih dahulu kebutuhan perusahaan, membutuhkan karyawan yang profesional atau karyawan fresh graduate hal ini akan memudahkan kalian dalam membuat CV.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Manajemen Proyek, Lingkup, 5 Tahap, Tujuan, Contoh

2. Isi CV secara Umum

Perusahaan jelas akan menilai kualitas dan perkembangan diri kalian melalui CV.  Umumnya susunan pembuat CV itu adalah :

  1. Biodata,
  2. Pendidikan,
  3. Pengalaman kerja,
  4. Kursus/pendidikan tambahan
  5. Kegiatan ekstrakurikuler,
  6. Pengalaman organisasi,
  7. Keterampilan,
  8. Prestasi yang pernah diraih.

3. Membuat dan Memeriksa Isi CV

Setelah selesai membuat CV ada baiknya kalian memerikasanya kembali dengan hati-hati agar tidak ada typo dan kesalahan yang mempermalukan diri sendiri.


Tips Membuat CV yang baik

Untuk kalian yang ingin membuat CV di HP bisa baca pada artikel ini : Ingin Buat CV di HP, Ini Daftar Aplikasi Pembuat CV Gratis Ada beberapa tips untuk menghindari kesalahan pembuatan CV, antara lain sebagai berikut :

  • Pemilihan Font
    Pakai font standar seperti saat membuat karya ilmiah agar tulisan kalian jelas terbaca, font standar itu seperti Times New Roman dan Arial dengan ukuran 11 dan 12.
  • Pemilihan Warna
    Sebisa mungkin warna yang kalian gunakan itu cocok, kombinasi warnanya pas dan indah kelihatannya dan tetap seperti format penulisan karya ilmiah yakni warna font hitam.
  • Memerhatikan Spasi
    Buat lah CV kalian tidak terkesan penuh agar informasi penting itu tersampaikan.
  • Typo
    Penting juga kalian untuk mengecek kembali CV yang sudah kalian buat jangan ada typo karna ini tentu menjadi salah satu pertimbangan perusahaan tentang seberapa telitinya kalian dalam bekerja.

Nah itulah penjelasan tentang CV, kami berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kalian, terima kasih

/* */