√ Definisi Investasi, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Fungsinya

Pondoksalam – Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan uang, salah satu yang banyak digunakan dan disarankan adalah dengan melakukan investasi, investasi ini sangatlah beragam dan tentunya akan mendapatkan keuntungan yang besar, oleh karena itu pada artikel kali ini akan dirangkum tentang Definisi Investasi dan dilengkapi dengan point – point pendukung lainnya, rangkuman tentang investasi sebagai berikut :

Definisi Investasi

Defisini Investasi

Secara etimologi kata investasi berasal dari invest yang berarti menanam uang / modal. Dengan kata lain, pengertian dari investasi adalah penanaman modal (dana). Secara umum, pengertian investasi ialah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau juga perorangan dalam jangka waktu tertentu untuk dapat memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa yang akan datang. Terdapat banyak hal yang terlibat dalam kegiatan ini, dan beberapa di antaranya ialah jumlah dana serta tujuan dari investasi itu sendiri.

Untuk sebagian orang mungkin sedikit asing mengenai investasi ini, oleh sebab itu dibawah ini adalah penjabaran sederhana tentang investasi. mulai dari pengertian investasi, fungsi investasi, tujuan investasi, jenis-jenis investasi akan dijabarkan, antara lain sebagai berikut :


Definisi Investasi Menurut Para Ahli

Definisi Investasi

Diatas sudah dijelaskan tentang definisi investasi dengan secara umum dan secara etimologi, berikut ini adalah pengertian investasi yang dikemukakan oleh para ahli.

Menurut Jogiyanto (2010:5)

Pengertian investasi adalah penundaan konsumsi sekarang untuk digunakan didalam produksi yang efisien selama periode waktu yang tertentu.


Menurut Tandelilin (2010:2)

Investasi adalah Komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan di masa datang. Para investor membeli sejumlah saham saat ini dengan harapan memperoleh keuntungan dari kenaikan harga saham ataupun sejumlah dividen di masa yang akan datang, sebagai imbalan atas waktu dan risiko yang terkait dengan investasi tersebut.


Menurut Martalena dan Malinda (2011:2)

Investasi merupakan bentuk penundaan konsumsi masa sekarang untuk memperoleh konsumsi di masa yang akan datang, dimana di dalamnya terkandung unsur risiko ketidakpastian sehingga dibutuhkan kompensasi atas penundaan tersebut.


Menurut Bodie (2005:3)

Investasi merupakan komitmen penanaman berupa uang dan sumber daya lainnya saat ini dengan pengharapan dapat memperoleh keuntungan di masa depan. (At investment is the current commitment of money or other resources in the expectation of reaping future benefits.)


Fungsi Investasi

Dari penjelasan mengenai pengertian investasi diatas, terus apa fungsi dari investasi ? Fungsi investasi ialah untuk membeli barang modal serta berbagai peralatan produksi yang  bertujuan untuk dapat mengganti atau menambah barang-barang modal dalam suatu kegiatan atau aktivitas perekonomian yang akan digunakan dalam memproduksi barang dan jasa.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Sinopsis, 5 Struktur, Fungsi, Strategi dan Contoh

Tujuan Investasi

Definisi Investasi

Tujuan dari investasi diantaranya sebagai berikut :

  1. Mendapatkan pendapatan tetap ,dalam setiap periode. Misalnya seperti bunga, royalti, uang sewa, dan lain-lain yang dimana penghasilannya dapat digunakan untuk kebutuhan hidup.
  2. Menjamin tersedianya bahan baku serta memperoleh pasar dalam menjual produk,
  3. Menjaga hubungan antar para perusahaan atau cabang-cabang yang lain,
  4. Mendapatkan dana khusus, misalnya dana tersebut digunakan untuk keperluan sosial,
  5. Mengurangi persaingan diantara perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.
  6. Mengontrol perusahaan, dengan cara melalui kepemilikan aset-aset perusahaan tersebut.
  7. Memperluas usaha dan lain-lain.

Jenis Investasi

Definisi Investasi

Terdapat empat jenis dari investasi, yakni :

Jenis Investasi Berdasarkan Asetnya

  1. Real asset, investasi yang berwujud, seperti property.
  2. Financial assest, merupakan dokumen klaim tidak langsung dari pemegangnya terhadap sebuah aktivitas riil pihak yang menerbitkan sekuritas tersebut.

Jenis Investasi Berdasarkan Pengaruhnya

  1. Investasi autonomus, investasi yang tidak dipengaruhi tingkat pendapatan.
  2. Investasi included, investasi yang dipengaruhi oleh kenaikan permintaan barang atau jasa.

Jenis Investasi Berdasarkan Sumber Pembiayaannya

  1. Bersumber dari modal asing.
  2. Bersumber dari modal dalam negri.

Jenis Investasi Berdasarkan Bentuknya

  1. Investasi portopolio, dilakukan melalui pasar modal dengan instrument surat berharga.
  2. Investasi langsung, dilakukan dengan membangun, membeli atau mengakuisisi sebuah perusahaan.

Ruang Lingkup Investasi

Dibawah ini merupakan ruang lingkup dari investasi diantaranya :

Berdasarkan Usaha

Apabila dilihat dari ruang lingkup dalam melakukan usaha, investasi umumnya terbagi menjadi dua macam diantaranya:

  1. Investasi aktiva nyata
    investasi aktiva nyata adalah sebuah tindakan investasi yang dilakukan dalam bentuk yang dapat dilihat secara fisik. contohnya seperti membangun sebuah rumah, bisa juga dengan membeli emas, mutiara dan lain-lain.
  2. Investasi aktiva finansial
    Investasi aktiva finansial adalah tindakan investasi yang dilakukan dengan bentuk surat-surat yang berharga. contohnya seperti deposito, obligasi, saham dan lain-lain. Terdapat dua cara dalam berinvestasi terhadap aktiva finansial, diantaranya seperti:

    1. Investasi langsung
      Maksudnya dengan memiliki surat-surat berharga pemilik surat tersebut dapat menentukan jalannya kebijakan-kebijakan yang dapat berpengaruh terhadap investasi surat berharga yang dimilikinya, misalnya seperti pada Saham.
    2. Investasi tidak langsung
      Maksudnya pengelolaan surat-surat berharga diwakilkan oleh suatu lembaga atau suatu badan usaha yang dapat mengelola investasi para pemegang surat-surat berharga, dan sebisa mungkin berusaha untuk menghasilkan keuntungan yang dapat memberikan kepuasan terhadap pemegang surat-surat berharga.
Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Referendum, 5 Jenis, Contoh, Menurut Para Ahli

Berdasarkan Segi Kepastian Dalam Pendapatan Keuntungan

Apabila dilihat dari segi kepastian untuk mendapatkan keuntungan, investasi terbagi menjadi 2 dua macam, diantaranya:

  1. Investasi bebas resiko yang dimaksud adalah jika seseorang berinvestasi tidak akan menanggung resiko yang bisa atau kapan saja terjadi. Investasi bebas resiko diantaranya seperti tabungan, deposito serta obligasi.
  2. Investasi Bebas Resiko disini maksudnya nilai keuntungan yang di peroleh relatif terjamin serta jalannya investasi cukup aman.cukup aman bukan berarti akan baik-baik saja, resiko ini akan selalu ada dalam semua hal tidak terkecuali dalam berinvestasi, karena investasi selalu dipengaruhi dengan faktor-faktor yang merujuk ke arah ketidakpastian. Investasi beresiko adalah jika berinvestasi seseorang akan menanggung resiko yang bisa dan kapan saja terjadi. Investasi beresiko ini diantaranya seperti contohnya menanam saham, modal usaha dan lain-lain.

Contoh Investasi

Definisi Investasi

Dibawah ini merupakan contoh investasi jangka panjang, diantaranya sebagai berikut :

1. Investasi Properti

Investasi properti ini memang menggiurkan disebabkan karna selain mendapat hasil yang lumayan, investasi Properti ini juga tergolong aman disebabkan karna bisa di bilang anti inflasi. Untuk dapat berinvestasi properti, umumnya itu membutuhkan modal yang cukup banyak. Tapi banyaknya modal di awal tersebut tentu juga sebanding dengan hasil akan yang didapatkan.


2. Investasi Saham

Saham ini adalah salah satu cara yang dilakukan perusahaan supaya bisa mendapatkan modal. Investasi saham tersebut berupa bukti bahwa anda itu ikut memiliki sebuah perusahaan. Suatu perusahaan tersebut dapat atau bisa mendapatkan sejumlah dana dari investor jika menerbitkan saham.


3. Reksadana

Investasi reksadana kini menjadi investasi yang cukup berkembang mengingat potensi dari keuntungannya yang juga cukup besar. Reksadana kini sebagai sebuah wadah serta juga pola pengelolaan modal bagi para investor untuk kemudian berinvestasi pa instrumen investasi yang tersedia yakni dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi itu ke dalam suatu portofolio investasi sesuai dengan instrumen investasi yang dipilih. Reksadana tersebut juga dikelola oleh manajemen profesional, yakni manajer investasi yang memiliki atau mempunyai keahlian di dalam bidang pengelolaan dana.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Birokrasi, 3 Tipe, Karakteristik, Peran, Fungsi

4. Obligasi

Investasi obligasi ini merupakan suatu investasi surat hutang itu yakni berupa surat bukti adanya suatu pinjaman kepada pihak yang menerbitkan obligasi tersebut dengan jangka waktu lebih dari 1 tahun. Obligasi ini juga bisa atau dapat dikeluarkan oleh pemerintah atau pun juga perusahaan swasta yang dilunasi diwaktu jatuh tempo yang telah atau sudah disepakati oleh ke 2 belah pihak.


5. Investasi Emas

Emas adalah sebuah barang investasi yang juga banyak digemari dan diminati para investor disebabkan karna berbagai keuntungan yang kemudian dihasilkannya. Seperti yang diketahui harga emas sendiri selalu naik serta tahan dengan tingkat inflasi.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Investasi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Dan Menurut Ahli, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar

/* */
error: Content is protected !!