√ Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer, Ruang Lingkup, Komponen

Pondoksalam – Di dalam penggunaan komputer ada hal yang penting yaitu interaksi manusia dan komputer atau dalam bahasa inggris dikenal dengan human computer interaction, interaksi manusia dan komputer ini merupakan hal yang sangat penting sebab di dalamnya perlu dilakukan beberapa tahapan mulai dari perancangan, evaluasi dan implemtentasi, untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan rangkuman tentang interaksi manusia dan komputer (IMK).

Pengertian Interaksi Manusia Dan Komputer

Pengertian Interaksi Manusia Dan Komputer

Interaksi manusia dan komputer (human computer interaction) adalah disiplin ilmu yang mempelajari mengenai suatu hubungan diantara manusia dan komputer yang diantaranya itu meliputi perancangan, evaluasi, serta implementasi antarmuka pengguna komputer supaya dapat mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan pengertian interaksi manusia dan komputer itu juga merupakan serangkaian proses, dialog serta kegiatan (aktivitas) yang dilakukan oleh manusia untuk dapat berinteraksi dengan komputer dengan secara interaktif untuk dapat melaksanakan serta menyelesaikan tugas yang diinginkan.

Interaksi manusia dan komputer (IMK) adalah ilmu yang sangat berkaitan sekali dengan desain implementasi serta evaluasi dari suatu sistem komputasi yang interaktif untuk dapat digunakan oleh manusia serta studi mengenai ruang lingkupnya interaksi manusia dan komputer ,ada interaksi diantara satu maupun lebih manusia dan satu maupun lebih komputasi mesin.

Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana mendesain, mengevaluasi, serta mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga bisa digunakan oleh manusia dengan mudah.

Komunikasi 2 arah diantara manusia (user) serta sistem komputer.

Interaksi menjadi maksimal jika kedua belah pihak mampu untuk memberikan stimulan serta respon (aksi & reaksi) yang saling mensuport, apabila salah satu tidak bisa, maka interaksi tersebut akan mengalami suatu hambatan maupun bahkan menuju pembiasan tujuan.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Surplus Produsen, Deskripsi, Rumus dan Contoh

Definisi Interaksi Manusia Dan Komputer

Interaksi manusia serta komputer merupakan sebuah hubungan diantara manusia dan komputer yang memiliki karakteristik tertentu untuk dapat mencapai suatu tujuan tertentu dengan cara menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).

Prinsip kerja komputer = input proses output

Pada komputer itu diberikan data yang umumnya berupakan suatu deretan angka serta huruf. Yang kemudian diolah kedalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan serta keinginan manusia.

Tanpa disadari kita (manusia/user) sudah berinteraksi maupun berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yakni didalam bentuk menekan tombol berupakan tombol angka dan huruf yang terdapat pada keyboard / melakukan 1 sentuhan kecil pada mouse.
Yang kemudian hasil dari inputan ini akan dapat berubah bentuk menjadi informasi /data yang seperti diharapkan oleh manusia dengan munculnya informasi baru itu pada layar monitor /bahkan mesin pencetak (printer).


Komponen Interaksi Manusia dan Komputer

Pengertian Interaksi Manusia Dan Komputer

Adapun Komponen di alam Interaksi Manusia Komputer ini Terdiri Dari 3 Bagian diantaranya :

  1. Manusia (Manusia adalah pengguna atau user yang menggunakan komputer atau sistem tersebut, yang mana manusia sendiri mempunyai karakter serta perilaku yang berbeda beda dengan kebutuhannnya di dalam menggunakan komputer ).
  2. Komputer (Komputer ini adalah sebuah peralatan elekteronik yang terbentuk atas perangkat keras serta perangkat lunak ).
  3. Interface (Manusia serta juga komputer itu berinteraksi dengan melalui antar muka yang terdapat di dalam sistem komputer yang memungkinkan manusia itu berhubungan dengan komputer).

Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer

Tujuan utama IMK diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Membuat sistem yang lebih:

  • Berguna (usable)
  • Aman
  • Produktif
  • Efektif
  • Efisien
  • Fungsional

2. Meningkatkan interaksi antara manusia dgn sistem komputer

Sistem yang bermanfaat (usable) serta aman (safe), artinya ialah sistem itu bisa berfungsi dengan baik. Sistem itu bisa untuk dapat mengembangkan serta meningkatkan

  • keamanan (safety),
  • utilitas (utility),
  • ketergunaan (usability),
  • efektifitas (efectiveness)
  • efisiensinya (eficiency).
Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Sistem Hukum Nasional, Bagian, 6 Penggolongan

Sistem yang dimaksud pada konteksnya tidak hanya berada pada perangkat keras serta perangkat lunak, namun tetapi juga mencakup pada lingkungan secara keseluruhan, baik itu dengan lingkungan organisasi masyarakat kerja maupun lingkungan keluarga.

Sedangkan pada Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan ialah bahwa sistem yang dibuat itu mudah digunakan serta mudah dipelajari baik itu secara individu maupun berkelompok. Utilitas tersebut mengacu kepada fungsionalitas sistem maupun sistem tersebut bisa meningkatkan efektifitas serta efesiensi kerjanya.

Para perancang antarmuka(interface) manusia dan komputer berharap supaya sistem komputer yang dirancangnya itu dapat bersifat akrab serta ramah dengan penggunanya (user friendly). Untuk dapat membuat antarmuka yang baik itu dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain ialah sebagai berikut  :

  1. Teknik elektronika dan ilmu komputer
    Memberikan kerangka kerja untuk bisa merancang sistem HCI (imk).
  2. Psikologi
    memahami sifat serta kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna(user)
  3. Perancangan grafis dan tipografi
    sebuah gambar bisa bermakna sama dengan seribu kata. Gambar tersebut bisa digunakan ialah sebagai sarana dialog cukup efektif diantara manusia dan komputer
  4. Ergonomik
    berhubungan dengan aspek fisik untuk dapat mendapatkan suatu lingkungan kerja yang nyaman, misal :

    1. bentuk meja serta kursi kerja,
    2. layar tampilan, bentuk keyboard,
    3. pengaturan lampu,
    4. posisi duduk,
    5. kebersihan tempat kerja
  5. 5. Antropologi
    ilmu pengetahuan mengenai manusia, memberikan suatu pandangan mengenai cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya supaya bisa memberikan konstribusi sesuai pada bidangnya
  6. 6. Linguistik
    adalah cabang ilmu yang mempelajari mengenai bahasa. Untuk dapat melakukan dialog diperlukan juga sarana komunikasi yang memadai yang berupa bahasa khusus, misal :

    1. bahasa grafis,
    2. bahasa alami,
    3. bahasa menu,
    4. bahasa perintah
  7. 7. Sosiologi
    studi mengenai pengaruh sistem manusia-komputer didalam struktur sosial, misal adanya PHK disebabkan karena adanya otomasi kantor.
Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Geografi, Konsep, 3 Ruang Lingkup, 22 Cabangnya

Ruang Lingkup Interaksi Manusia dan Komputer

Pengertian Interaksi Manusia Dan Komputer

Ruang Lingkup Interaksi Manusia Komputer meliputi 3 komponen, diantaranya sebagai berikut :

  1. Manusia
  2. Komputer
  3. Interaksi

Manusia adalah pengguna (user) yang menggunakan komputer. User tersebut berbeda-beda dan mempunyai karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan serta kemampuannya didalam menggunakan komputer itu.

Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang didalamnya meliputi hardware (perangkat keras) serta software (perangkat lunak)
Manusia serta komputer berinteraksi lewat masukan serta keluaran melalui antarmuka (interface).

Fokus: perancangan serta evaluasi antarmuka pemakai (user interface). Antarmuka pemakai merupakan suatu bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia untuk dapat berinteraksi dengan komputer.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian IMK, Tujuan, Ruang Lingkup, Prinsip dan Komponen, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Tinggalkan komentar

/* */
error: Content is protected !!