√ Pengertian Benua dan 7 Benua Dunia Dari Terbesar

pengertian-benua

PondoksalamPengertian benua yang sebenarnya adalah wilayah daratan yang luas, menurut kbbi benua adalah bagian bumi yang berupa daratan yang sangat luas yang bagian tengah dari daratan itu tidak terimbas secara langsung oleh angin laut. Setiap benua memiliki karakteristik utama yaitu memiliki perisai.

Kalau dalam bahasa inggris, kata benua ini disebut dengan continent, dalam kamus Oxford, continent adalah daratan besar bumi seperti Asia, Eropa, dan Afrika. Berdasarkan Eksiklopedia britannica, benua adalah daratan besar dan luas yang terbentuk oleh karena pecahnya superbenua atau dikenal Pangea.

Membahas tentang benua ini tentu kita perlu tahu juga ada berapa benua di dunia, benua yang terbesar dan terkecil itu benua apa saja, baca penjelasannya dibawah ini :


7 Benua di Dunia

Di bumi ini ada banyak benua, tepatnya ada 7 (tujuh) benua dari benua asia sampai benua antartika, untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

1. Benua Asia

Benua Asia adalah benua terbesar di dunia dan berbatasan dengan pengunungan kaukasus, ural, dan samudra pasifik, hindia dan artktika. benua asia memiliki cakupan 8,7% dari seluruh luas permukaan bumi dan terdiri dari 30% luas daratanya.

Benua Asia dan Eropa adalah benua yang terhubung melalui darat, dan kedua benua ini membentuk benua raksasa dikenal dengan Eurasia. Dan oleh karena itu batas antara Asia dan eropa ini belum sangat jelas dan membuat untuk beberapa negara seperti misalnya turki kadang bisa dimasukan kedalam Asia ataupun Eropa.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Proton, Sejarah, Sifat, Struktur, Muatan & Contoh

2. Benua Eropa

Benua Eropa dikenal juga dengan sebutan Benua Biru, karena kebanyakan penduduknya memiliki mata berwarna biru, dan juga benua putih sebab penduduknya kebanyakan memiliki kulit putih.
Benua Eropa adalah satu bagian dari beberapa negara di Asia (Eurasia). Ada Karakteristik atau ciri dari benua eropa ini diantaranya ada :

  1. 4 iklim (mediterania, kontinental, sedang, subarktik)
  2. Suku Bangsa (Nordik, Alpina, Mediteran, Slavia, Dinara)
  3. Negara (Eropa Utara, Timur, Barat, Selatan, Tengah)

Pengertian Iklim, 6 Unsur Penting Iklim, Klasifikasi, Sifat

3. Benua Afrika

Afrika merupakan benua terbesar kedua, memiliki 20,3% dari seluruh daratan bumi, benua afrika ini juga merupakan tempat bagi sepertujuh populasi dunia. Serta untuk luas wilayah dari benua afrika adalah 30.224.050 km² termasuk pulau-pulau yang berdekatan.

Benua Afrika ini merupakan benua yang membentang dari zona beriklim utara ke selatan. Benua Afrika dikelilingi oleh Laut Mediterania, Isthmus Of Suez, Laut Merah, Samudra Hindia dan Samudra Atlantik.

4. Benua Amerika Utara

Amerika Utara merupakan benua yang posisinya berada dibagian utara dan berbatasan dengan lautan arktik, samudra atlantik, laut karibia dan samudra pasifik utara. Benua Amerika utara ini dikenal dengan istilah Amerigo Vespucci. Benua Amerika Utara ini memiliki sebuah satuan regional yang terdiri dari beberapa negara diantaranya Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko.

5. Benua Amerika Selatan

Sama Halnya dengan Benua Amerika Selatan, benua ini disebut juga Amerigo Vespucci. Baik Amerika Utara dan Amerika Selatan merupakan benua yang terpisah dan perbatasan antara amerika selatan dan utara terletak di Panama. Benua ini berada diantara Samudra Pasifik dan Atlantik dan terhubung dengan Amerika Utara lewat Tanah Genting (Selat bering) Panama.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Jaringan Kolenkim, Fungsi, 4 Jenis, Struktur dan Susunan

6. Benua Antartika

Benua Antartika adalah benua yang berada dibagian kutub selatan bumi, benua ini dikelilingi oleh samudra pasifik, atlantik dan hindia. Benua ini merupakan benua yang luas dan berada pada posisi ke 5 setlah Eurasi, Afrika, Amerika Utara dan Selatan. Benua ini memiliki daratan yang luas dan diselimuti oleh es yang memiliki ketebalan rata – rata 1,9km.

7. Benua Australia

Benua australia berada di bagian selatan dan timur indonesia, ditemukan oleh orang inggris bernama james cook, oleh sebab itu sampai detik ini australia masih masuk kedalam permakmuran inggris. Dalam geologi, Australia (Australia-Nugini, Australia Besar, Meganesia, Sahul, Australasia/Australinea) adalah benua yang terbentuk dari tanah daratan australia, tasmania, papua nugini dan pulau pulau yang ada didekatanya yang berada di landas kontinen yang sama.

Kesimpulan

Benua merupakan daratan luas, yang pada bagian tengah daratan tersebut tidak akan terdampak secara langsung oleh angin laut. Dan di dunia ini ada tujuh benua mulai dari benua asia, eropa, afrika, amerika utara dan selatan, antartika serta benua australia, dan benua terbesar adalah benua asia dan eropa (eurasia).

Itu saja ulasan kali ini tentang Pengertian Benua dan 7 Benua Di Dunia, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.

Tinggalkan komentar

/* */