√ Pengertian Internet, 6 Manfaat, Tujuan, Dampak dan Fungsinya

Pondoksalam – Perkembangan teknologi dan jaringan sekarang ini membuat hampir semua lini menggunakan internet, sebab internet memiliki manfaat yang sangat besar seperti dalam bisnis, penyebaran informasi dan lain sebagai, oleh karena itu saat ini akan dirangkum definisi internet yang dilengkapi dengan point – point pentingnya, berikut ini rangkuman pengertian internet.

Pengertian Internet

Pengertian Internet

Jadi yang dimaksud dengan internet adalah suatu jaringan komputer yang saling terkoneksi dengan menggunakan sebuah sistem standar global transmission control protocol / internet protocol suite (TCP/IP) yang digunakan ialah sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna yang terdapat di seluruh penjuru dunia.

Internet (interconnected network) dapat juga diartikan sebagai suatu jaringan komunikasi global yang terbuka dan yang mengkoneksikan jutaaan atau milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe serta jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi contohnya telepon, satelit, dan sebagainya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lebih lagi mengenai pengertian internet ini maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli dibawah ini :

Pengertian Internet Menurut Allan (2005)

Pengertian Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terkoneksi atau terhubung antara 1 sama lain serta bisa atau dapat membaca serta juga menguraikan segala macam protocol komunikasi tertentu yang biasa dikenal dengan sebutan Internet Protocol atau IP serta juga Transmission Control Protocol atau TCP. Protokol ini juga mempunyai definisi lebih lanjut yang dinyatakan Allan yakni sebuah spesifikasi sederhana tentangbagaimana komputer itubisa atau dapat berinteraksi antara satu sama lainnya.


Pengertian Internet Menurut Turban, Rainer, Potter (2005)

Pengertian Internet merupakan suatu jaringan besar yang dapat atau bisa menghubungkan jaringan komputer, mulai dari organisasi seperti pemerintah, bisnis, sekolah, di seluruh dunia dengan secara langsung serta cepat.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Cerita Rakyat, 4 Jenis, Ciri, Fungsi dan Contoh

Pengertian Internet Menurut Supriyanto (2006)

Pengertian Internet ialah suatu hubungan dengan segala jenis komputer serta dengan jaringan yang ada di dunia dan juga memiliki sistem operasi yakni dengan aplikasi yang berbeda. Hubungan tersebutmemanfaatkan suatu kemajuan dari perangkat komunikasi misalnya ialah seperti telepon serta juga satelit yang menggunakan protokol standar di dalam melakukan sebuah komunikasi, yakni Internet Protocol atau IP serta juga Transmission Control Protocol atau TCP.


Pengertian Internet Menurut Harjono (2009)

Pengertian Internet ialah kumpulan dari beberapa komputer, bahkan juga bisa mencapai jutaan komputer di belahan dunia setelah saling terhubung/terkoneksi antara satu dan yang lainnya. Supaya komputer tersebut bisa atau dapat saling berinteraksi serta terkoneksi, maka kemudian diperlukan suatu media supaya saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan tersebut dapat atau bisa menggunakan kabel (serat optik), dapat juga satelit, serta sambungan telepon.


Pengertian Internet Menurut Sibero ( 2011)

Pengertian Internet merupakan suatu Inter-connected Network yang adalah sebuah jaringan komputer yang saling terkoneksi antar komputer secara global. Internet dapat bekerja sama seperti jaringan komputer, dan juga jaringan komputer local maupun jaringan komputer area yang lebih luas, dan interet menggunakan sebuah protocol komunikasi yang sama yaitu TCP/IP (Transmission Control Protokol/Control Protokol).


Pengertian Internet Menurut Sarwono (2012)

Pengertian Internet merupakan suatu kumpulan jaringan yang mempunyai skala global. Ditambahkannya bahwa tidak ada orang yang mampu untuk bertanggung jawab dalam menggunakan internet itu . Mulanya, internet tersebut hanya digunakan untuk kepetingan militer, namun untuk sekarang internet adalah kebutuhan sekaligus hiburan dimasyarakat.


Fungsi dan Tujuan Internet

Fungsi dan Tujuan Internet

Dari pengertian internet diatas, internet mempunyai fungsi utama yakni menghubungkan semua pengguna di seluruh dunia dan mempermudah aktivitas atau kegiatan para pengguna. Fungsi lain internet ialah :

  1. Sebagai media komunikasi
  2. Sebagai salah satu tempat untuk akses informasi
  3. Berbagi sumber daya atau data
  4. untuk menyiarkan dan mengakses secara langsung baik itu berita dan bertukar data di seluruh dunia.
  5. Memudahkan didalam mengakses Informasi
  6. Memudahkan dalam Pekerjaan
  7. Perusahaan sekarang banyak menggunakan Internet yakni sebagai salah satu solusi di dalam menyelesaikan segala macam bentuk masalah dengan secara cepat serta efisien. Dengan mempunyai sebuah sistem yang saling terkoneksi atau berhubungan antara satu sama lain.
Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian PraSejarah Dan PraAksara

Manfaat Internet

Manfaat Internet

Manfaat dari Internet – Dari mudahnya berbagi data sesama pengguna internet dan mencari informasi, terdapat lebih banyak lagi manfaat dari menggunakan internet ini, manfaat menggunakan internet, antara lain sebagai berikut :

  1. Komunikasi Cepat
    Komunikasi dengan menggunakan internet lebih mudah dan juga lebih cepat tidak hanya secara lokal hal tersebut juga berlaku secara internasional.
  2. Internet sebagai hiburan
    Terdapat banyak sekali hal-hal bisa anda temukan diinternet berbagai sumber berita , bersosialiasi di media sosial, bermain game dan nonton video menjadikan internet salah satu hal sulit untuk dilepaskan karena kelengkapan data informasi serta hiburan yang ada di internet.
  3. Internet sebagai sumber Pengetahuan
    Internet sebagai media hiburan ternyata bisa sebagai sumber pengetahuan, di internet anda bisa mencari ilmu pengetahuan yang cukup lengkap, mungkin karena hal ini juga pelajaran zaman sekarang lebih dominan menambah wawasan dan pengetahuan mereka di internet dari pada langsung datang ke Perpustakaan atau tempat belajar lainnya.
  4. Internet Dalam Bisnis
    karena banyaknya pengguna internet khususnya di Indonesia tentunya hal tersebut menjadi salah satu peluang dalam berbisnis
  5. Dengan Internet bisa belanja kapan pun dan dimana pun
    Banyak sekali para pengusaha besar sampai home industri yang memasarkan barang produksinya ke internet karena banyaknya pengguna internet khususnya di Indonesia sendiri, hal tersebut menjadi salah satu alasan pengusaha untuk memasarkan dan mempromosikan dagangnnya. Terdapat banyaknya sekali online shop yang ada karena kemudahan dalam transaksi dan lebih efisien serta efektif.
  6. Internet ladang informasi
    anda bisa mencari informasi apa saja, mulai dari informasi tentang pohon kelapa, mencari jodoh dimedia sosial, mencari lowongan pekerjaan, bisa anda temukan di internet, tapi tentu juga harus disaring lagi informasi yang terdapat di internet.

Dampak Positif dan Negatif Internet

Dampak Positif dan Negatif Internet

Adapun dampak Positif dan negatif internet, antara lain ialah sebagai berikut :

Dampak Positif Internet

Terdapat dampak positif dari Internet, antara lain :

  1. Memangkas Jarak dan Waktu
  2. Internet memudahkan kita dalam mengirim file atau data dari berbagai tempat diseluruh dunia,
  3. Mempererat Hubungan Antar Manusia
  4. Perkembangan dalam penggunaan media sosial juga berperan dalam menjalin hubungan antar manusia tidak hanya yang sudah kenal, kita juga bisa
  5. berkenalan dengan orang lain yang belum kita kenal, tapi inget tentu ada batasannya, dan jangan langsung percaya.
  6. Mempermudah Urusan Manusia dalam Berbagai Hal
  7. Bertransaksi jual beli juga bisa lebih cepat dan mudah dengan internet ini.
  8. Menambah Peluang Kerja Baru
  9. Di internet banyak sekali yang bisa di jadikan sebagai peluang bisnis contohnya menjadi menjadi youtuber dan juga bisa mencari informasi yang berkaitan dengan bisnis.
Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Total Quality Management, Prinsip, 8 Elemen, 3 Metode, Unsur

Dampak Negatif Internet

Kalo ada dampak positif tentu ada dampak negatifnya, Dibawah ini merupakan dampak negatif dari internet.

  1. Mudah Tersebarnya Informasi Palsu
  2. Karena sangat mudah dalam hal berbagi file,data, informasi, hal ini juga yang membuat orang-orang yang memprovokasi dan tidak bertanggung jawab memberikan infomasi-informasi palsu (tidak benar), oleh karena itu ada baiknya untuk mensaring atau memfilter informasi-informasi yang tersebar.
  3. Mudahnya Peredaran Barang-Barang Terlarang
  4. Oleh karena mudahnya dalam bertransaksi jual beli, hal tersebut juga membuat orang-orang mengambil kesempatan dengan bisa menginformasikan dan bertransaksi barang-barang ilegal tidak hanya barang-barang gelap(“) tapi bisa juga bahkan sampai Narkotika dan lain sebagainya.
  5. Meningkatnya Resiko Pertengkaran dengan pengguna internet
  6. Nah yang satu ini berkaitan juga dengan informasi palsu yang tersebar, biasanya informasi-informasi sedang trending yang tersebar di internet ini memunculkan komentar serta pemikiran-pemikiran dari berbagai pihak yang kadang tidak sejalan, hal ini yang membuat pertengkaran di internet bisa muncul.

Jadi, dari dampak negatif diatas ada baiknya kita tidak langsung percaya pada informasi yang tersebar, adanya baiknya untuk memfilter atau menyaring dulu informasi tersebut atau bila perlu tunggu informasi yang resmi dari yang bersangkutan atau yang berkaitan.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai pengertian Internet dampak negatif dan positif internet, kami berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar

/* */
error: Content is protected !!