√ Pengertian Lingkungan, 4 Fungsi Penting Lingkungan, Jenis, Manfaat

Pengertian-Lingkungan

PondoksalamPengertian Lingkungan adalah segala sesuatu (biotik dan abiotik) yang ada di sekitar manusia serta mempengaruhi perkembangan dari manusia.

Lingkungan adalah tempat dan ruang bagi manusia, tumbuhan serta hewan untuk  tumbuh dan berkembang yang di dalamnya terdapat unsur yang melengkapi dan terikat satu sama lain.


Jenis Lingkungan

Lingkungan ini terbagi ke dalam beberapa jenis. Perbedaan nya itu di dasarkan pada komponen yang ada di dalamnya. Yaitu lingkungan biotik serta lingkungan abiotik, penjelasannya sebagai berikut :

Lingkungan Biotik

Lingkungan biotik merupakan tempat hidup makhluk hidup atau organik. Komponennya itu adalah seluruh penghuni yang ada di bumi (manusia, hewan, tumbuhan, mikro organisme, virus, bakteri maupun dekomposer). Di dalam lingkungan biotik ini ada 3 klasifikasi diantaranya ;

  1. Produsen sebagai sumber bahan makanan utama untuk makhluk lainnya;
  2. Konsumen sebagai pemakan, diisi oleh manusia dan hewan; juga
  3. Pengurai, ini merupakan para mikroorganisme yang menghancurkan serta juga memakan makhluk yang sudah mati.

Lingkungan Abiotik.

Perbedaannya adalah pada susunannya, abiotik ini tersusu dari segala macam komponen benda yang tidak ada nyawa. Lingkungan ini ada suatu kondisi yang mana terdapat benda di sekeliling makhluk hidup tersebut, seperti bebatuan, mineral, tanah, ataupun unsur alam lainnya. Lingkungan abiotik ini disebut juga sebagai lingkungan anorganik.

Jenis Lingkungan Berdasarkan Kamus Ekologi Manusia

Tetapi, pembagian lingkungan ini akan berbeda dari kamus ekologi manusia. Karna ada tiga unsur yang dikelompokkan dengan berdasarkan hubungan timbal balik serta interaksi antar manusia, penjelasannya :

  1. Lingkungan alam, ini merupakan suatu kondisi yang secara alamiah pada suatu tempat daerah atau wilayah, meliputi fisiografi, cuaca,  iklim, keadaan geologi serta lainnya.
  2. Lingkungan sosial, ini merupakan segala aktivitas atau kegiatan manusia serta karakter yang mereka dilakukan, baik itu sebagai seorang makhluk individu ataupun kelompok atau sosial.
  3. Lingkungan budaya, ini merupakan sebuah tempat hasil kreasi manusia,yang berupa karya seni, sistem kepercayaan ataupun bangunan serta juga tatanan sosial.
Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Multikulturalisme, Bentuk, Unsur Dan Contoh

Pengertian Iklim, 6 Unsur Penting Iklim, Klasifikasi, Sifat


Fungsi Lingkungan untuk Makhluk Hidup

Lingkungan memiliki berbagai fungsi yang berperan penting dalam kehidupan makhluk hidup. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mencari Makan

Dalam hal ini konsumen itu manusia dan hewan, produsen itu tumbuhan, karna ia dapat membaut makan nya sendiri dengan bantuan fotosintesis, sedangkan manusia dan hewan memakan tumbuhan guna memperoleh energi dan untuk bertahan hidup.


2. Tempat Beraktivitas

Sebagai tempat beraktivitas, sebagai makhluk sosial, manusia menggunakan lingkungan itu untuk berinteraksi, mengembangkan budaya, mencari makan serta perlindungan, dan ini juga berlaku untuk hewan dan tumbuhan, sebab tanpa lingkungan, mahkluk hidup pasti tidak akan bisa melakukan kegiatannya, kalau tidak ada ruang.


3. Tempat Tinggal

Sebagai tempat tinggal, makhluk hidup mampu untuk membuat tempat nyaman dan ideal agar bisa hidup ideal dan kondusif dalam melindungi diri dari perubahan cuaca dan juga melakukan aktivitas dan kegiatannya.


Manfaat Lingkungan bagi Manusia dan Lainnya

Lingkungan ini tentu sangat bermanfaat bagi mahkluk hidup, dan itu semua apabila kualitas lingkungannyanya baik, tentu apabila lingkungannya itu baik dapat mendukung segala macam bentuk kegiatan unsur di dalamnya. Ada beberapa manfaat dari lingkungan, diantaranya :

1. Sumber Makanan

Lingkungan ini menyediakan berbagai sumber makanan serta mineral lainnya, baik itu vitamin, protein dan serat dan lain sebagainyanya. selain  dari makanan, lingkungan juga menyediakan beragam wisata, baik alam buatan atau pun alami untuk dinikmati oleh mahkluk hidup. Begitu juga obat-obatan, sarana pendidikan serta pengembangan diri, dan juga aktifitas fisik.


2. Kemudahan dan Bantuan Dalam Kehidupan

Lingkungan tanpa kita sadari memberikan kemudahan dan bantuan dalam kehidupan mahkluk hidup, contohnya hewan yang membantu manusia dalam berburu, tumbuhan yang menjadi simbolitas berbagai kegiatan budaya.

Selain itu unsur abiotik yang juga ikut berperan dalam kehidupan dan kegiatan manusia, contohnya seperti angin, cahaya matahari dan segala macam hasil bumi seperti, emas, minyak, batu bara dan lain sebagainya, dan itu semua penting untuk kelangsungan mahkluk hidup.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Peta, Komponen, Fungsi, 5 Jenis, Syarat, Fenomena

3. Media Ekosistem dan Pelestarian Flora dan Fauna

Hewan serta tumbuhan penting dan perlu untuk dilestarikan hal ini supaya lingkungan ini berjalan stabil. Bayangkan saja jika rantai makanan dalam ekosistem itu tergantu maka tentu akan ada peningkatan dan pengurangan pada bagian tertentu, yang karna hal itu menyebabkan lingkungan jadi terganggu dan mungkin berakibat buruk bagi manusia.


4. Menambah Penghasilan Manusia

Hal ini tentu bisa menjadi manfaat bagi manusia, dengan cara membudidayakan hewan terternak, menanam buah-buahan untuk kemudian dijual. dan abiotik juga bisa lewat hasil pertambangan dan lain sebagainya.


5. Memanfaatkan Sumber Daya

Manusia dan Mahkluk Hidup lainnya tentu bisa mengambil keuntungan dan manfaat dari alam sekitar, seperti mengambil manfaat dari segala macam zat dan mineral, seperti zat besi yang ada pada bayam, vitamin pada buah-buah dan protein yang bisa diambil dari hewan.


Penyebab Pencemaran Lingkungan

Segala sesuatu yang dipakai/digunakan dan dimanfaatkan tentu memiliki resiko kerusakan, begitu juga dengan lingkungan. Banyak sekali penyebab dari kerusakan lingkungan, dan tentu ini berkaitan dengan pencemaran lingkungan, pencemaran lingkungan terbagi menjadi 2 penjelasannya sebagai berikut :

  1. Pencemaran Lingkungan Langsung
    Pencemaran yang dampak nya itu langsung ke kesehatan makhluk hidup, dan mempengaruhi keseimbangan ekologi berupakan tanah, air, dan udara.
  2. Pencemaran Lingkungan Tidak Langsung
    Terjadi pada segala macam bahan kimi yang bereaksi dengan unsur abiotik seperti tanah, air, dan udara sehingga berdampak contohnya seperti polusi.

Secara umum terdapat dua faktor penyebab terjadinya dari kerusakan lingkungan hidup yakni fakto alam dan buatan, penjelasannya sebagai berikut :

1. Faktor Alam

Kerusakan yang terjadi karna proses alam serta tidak bisa dicegah, namun bisa dihindari guna meredam dan mengurangi kerusakan yang diakibatkan. Faktor yang alam ini adalah seperti bencana alam (Gunung Meletus, Tsunami, Angin Topan, Tanah Longsor dan lain sebagainya)


2. Faktor Buatan

Karna Manusia ini adalah makhluk yang makhluk sosial yang berakal, cerdas dan memiliki kemampuan yang tinggi, manusia itu mengalami perkembangan seperti misalnya gaya hidup, contohnya saja dari makanan dulu manusia mengkonsumi makan dan minuman yang minim sekali kemasan, karna adanya makanan dan minuman instan yang menggunakan kemasan tentu limbah sampah pun akan terus meningkat. Nah karna tidak bertanggung jawabnya manusia kini kadang sembarangan membuang limbah sampah itu kadang ke sungai dan sebagainya, tentunya hal ini bisa menyebabkan banjir dan sebagainya.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Struktur Modal, 2 Komponen, Tujuan, Struktur, Faktor

Manusia juga karna hidup modern suka sekali mengkoleksi barang yang tidak perlu untuk dikoleksi seperti, hewan yang diawetkan dan lain sebagainya, bukan karna mati secara alami besar kemungkinan karna pemburu liar yang mengakibatkan kepunuhan dan merusak ekosistem. Contoh lainnya karna penebangan liar yang dilakukan manusia yang mengakibatkan tanah longsor.


Cara Menjaga Lingkungan

Tidak bisa dipungkiri dan disadari secara sengaja dan tidak sengaja kalau kadang kita mencemarkan lingkungan sekitar kita, oleh karna itu kita juga harus paham dan mampu untuk menjaga lingkungan ini supaya tetap dalam kondisi yang baik, tidak tercemar, memanfaatkan dengan cara yang baik dan tidak perlu merusak ekosistem serta unsur yang ada didalamnnya.

Ada hal yang perlu kita ingat dan lakukan untuk menjaga lingkungan ini tetap dalam kondisi yang baik, dan cara yang sederhana, diantaranya

  1. Pengolahan tanah yang baik, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan bahan-bahan yang merusak tanah, Melakukan penanaman tumbuh-tumbuhan.
  2. Menciptakan produk yang ramah lingkungan, kita juga harus sadar akan polusi dari kendara kita, tidak hanya itu kalian juga memakai produk dari hasil daur ulang, karna akan mengurangi limbah dan sampah.

Dikutip dari https://disperkimta.bulelengkab.go.id/ cara menjaga lingkungan, ialah

  1. Tidak Membuang Sampah di Sungai
  2. Tidak membakar sampah
  3. Menghemat Energi
  4. Menggunakan Produk Daur Ulang
  5. Menanam Pohon
  6. Melarang Perburuan Liar

Itu saja sedikit ulasan tentang Lingkungan, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda terima kasih

Tinggalkan komentar

/* */