√ Pengertian Organisasi, Tujuan, Manfaat, 3 Ciri, Bentuk, Unsur

Pondoksalam – Pada kesempatan ini akan di jelaskan Pengertian Organisasi berikut dengan Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli, Ciri Organisasi, Bentuk Organisasi, selengkapnya akan diuraikan sebagai berikut :


Pengertian Organisasi

pengertian-organisasi

Secara umum Pengertian Organisasi adalah kelompok orang yang bekerja sama untuk mendapatkan tujuan bersama.

Sedangkan dengan secara lebih luas pengertian organisasi merupakan sebagai tempat untuk orang berkumpul serta juga berkerja sama dengan secara rasional serta sistematis, terencana, terpimpin, dan juga terkendali, didalam memanfaatkan sumber daya baik itu uang, metode, material, serta lingkungan, dan juga sarana-prasarana, data serta lain -lainnya yang digunakan dengan secara efisen serta efektif untuk mencapai tujuan tertentu.


Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lebih dalam lagi mengenai apa pengertian organisasi, maka kita dapat merujuk pada pengertian organisasi menurut para ahli :

Menurut Stoner

Menurutnya pengertian organisasi merupakan suatu pola hubungan-hubungan dengan melalui orang-orang dibawah adanya pengarahan dari atasan untuk mengejar tujuan tertentu.


Menurut Stephen P. Robbins

Pengertian organisasi merupakan suatu kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan dengan secara sadar, dengan adanya suatu batasan yang relatif bisa untuk diidentifikasi, yang bekerja dari dasar yang relatif terus menerus untuk dapat mencapai tujuan bersama.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Inflasi, 3 Cara Perhitungan, Mengatasi Inflasi

Menurut James D. Mooney

Organisasi merupakan suatu bentuk pada tiap-tiap perserikatan manusia untuk dapat mencapai tujuan tertentu.


Menurut Chester I. Bernard

Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas atau kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh 2 orang atau bahkan lebih.


Menurut Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan

Organisasi merupakan sebagai proses penentuan, pengelompokan, serta pengaturanbermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk dapat mencapai tujuan tertentu.


Menurut Max Weber

Organisasi merupakan suatu kerangka hubungan yang terstruktur yang didalamnya itu terdapat wewenang, serta tanggung jawab dan juga pembagian kerja menjalankan sesuatu fungsi tertentu.


Manfaat Organisasi

Mengikuti atau menjadi anggota dalam organisasi mempunyai manfaat antara lain ialah sebagai berikut :

  1. Tercapainya suatu tujuan bersama
  2. Melatih mental untuk bicara di publik
  3. Mudah untuk memecahkan masalah
  4. Melatih kepemimpinan
  5. Memperluas pergaulan
  6. Kuat dalam menghadapi tekanan
  7. Meningkatkan wawasan serta pengetahuan
  8. Membentuk suatu karakteristik dengan seseorang
  9. Mampu mengatur waktu dengan cukup baik
  10. Sebagai ajang didalam pembelajaran kerja yang sebenarnya

Tujuan Organisasi

Tujuan dari organisasi antara lain ialah sebagai berikut :

  • Mengatasi terbatasnya kemampuan, kemandirian serta sumber daya yang dipunyai dalam mencapai tujuan
  • Sebagai tempat untuk mencapai tujuan dengan selektif serta efisien dikarenakan melakukannya dengan secara bersama-sama.

Karakteristik atau Ciri Organisasi

Organisasi bisa dibedakan dengan melihat ciri-ciri organisasinya , ciri-ciri organisasi antara lain ialah sebagai berikut :

1. Ciri Organisasi Secara umum

  1. Mempunyai tujuan serta sasaran
  2. Mempunyai komponen yakni atasan serta bawahan
  3. Adanya kerja sama yang terstruktur.
  4. Mempunyai pendegelasian wewenang serta koordinasi tugas-tugas.
  5. Mempunyai keterikatakan format serta tatat tertip yang harus ditaati.

2. Ciri Organisasi Menurut Para Ahli “Berelson dan Steiner”

  1. Formalitas merupakan salah satu ciri organisasi sosial yang merujuk kepada perumusan tertulis pada :
    1. Peraturan-peraturan,
    2. Ketetapan-ketetapan prosedur,
    3. Kebijaksanaan,
    4. Tujuan,
    5. Strategi dan seterusnya
  2. Hierarki merupakan ciri organisasi yang mengacu pada suatu pola kekuasaan serta kewenangan yang berbentuk piramida, artinya ialah terdapat orang-orang tertentu yang dengan kekuasaan serta kewenangan yang tinggi dibandingkan orang biasa didalam organisasi tersebut.
  3. Besar dan Kompleksnya merupakan ciri dari organisasi sosial yang mempunyai banyak anggota sehingga hubungan sosial diantar anggota ialah tidak langsung (impersonal) yang biasanya disebut juga “gejala birokrasi”
  4. Lamanya (Duration) merupakan salah satu ciri organisasi yangmana eksistensi organisasinya ini  lebih lama dari pada keanggotaan pada organisasi tersebut.
Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Deregulasi, 4 Alasan, Keuntungan dan Contoh

3. Ciri Organisasi Modern

  1. Organisasi bertambah besar
  2. Penggunaan staf lebih intensif
  3. Unsur-unsur organisasi juga lebih lengkap
  4. Pengelolaan data juga semakin cepat
  5. Adanya prinsip-prinsip atau juga azas-asaz organisasi
  6. Cenderung spesialisasi.

Unsur Organisasi

Dibawah ini merupakan beberapa unsur yang harus ada di dalam sebuah organisasi, diantaranya :

  1. Anggota organisasi terdiri dari pemimpin dalam mengatur organisasi, umumnya manajer yang mengepalai unit tertentu sesuai dengan fungsi bidang kerjanya serta ada orang-orang yang bekerja di bawah manajer. Penyebutan ini umumnya disesuaikan dengan jenis organisasinya.
  2. Kerja sama menjadi bagian penting di dalam sebuah organisasi. Dengan adanya kerja sama yang baik, maka tentu tujuan organisasi bisa dicapai bersama-sama.  Tingkatan anggota ini akan membantu di dalam memudahkan mengatur bagian kerja guna menjalin kerja sama yang lebih baik.
  3. Tujuan organisasi juga akan menjadi arah perjalanan organisasi di dalam menentukan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan nantinya.
  4. Lingkungan, seperti halnya sosial, budaya, ekonomi, serta teknologi menjadi pendukung di dalam mencapai tujuan dari organisasi yang sudah ditentukan.
  5. Peralatan merupakan sarana, seperti materi, budget, serta barang modal lainnya yang bisa menjadi tempat bekerja atau juga berkumpulnya organisasi.
  6. Komunikasi pun akan sangat memengaruhi bagaimana tiap-tiap anggota organisasi bisa bekerja sama dengan baik. Komunikasi yang baik akan mendukung perkembangan organisasi dengan secara lebih optimal sesuai proses kerja yang telah diatur sedemikian rupa.

Bentuk organisasi

Dibawah ini merupakan beberapa bentuk organisasi yang banyak ditemui diantaranya :

  1. Organisasi garis dan staf ada 2 kelompok orang, yakni yang melaksanakan tugas pokok organisasi di dalam mencapai tujuan serta orang yang menjalankan pekerjaan sesuai dengan bidang keahliannya. umumnya  pembagian tugas ini akan lebih terarah serta bukan hanya berasal dari pemimpin paling tinggi organisasi.
  2. Organisasi garis ini merupakan yang paling sederhana dengan adanya jumlah anggota yang sedikit dan adanya pimpinan tertinggi setelah itu ada anggota lainnya yang menjalankan pekerjaan dengan sesuai pembagian yang diberikan.
  3. Organisasi fungsional ini mempunyai pembagian tugas kinerja yang telah diberikan oleh para petinggi sehingga anggota yang ada di bawahnya itu hanya perlu menerima instruksi.
  4. Organisasi komite (panitia) merupakan yang diberikan kekuasaan tertentu dan juga melakukan rundingan guna memutuskan segala macam hal berkaitan dengan kegiatan atau aktivitas organisasi mencapai tujuannya.
Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Saraf Simpatik Dan Parasimpatik, Fungsi, 4 Perbedaan

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai pengertian organisasi, kami berharap apa yang disampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar

/* */
error: Content is protected !!