April 26, 2024

Warning: sprintf(): Too few arguments in /www/wwwroot/pondoksalam.co.id/wp-content/themes/chromenews/lib/breadcrumb-trail/inc/breadcrumbs.php on line 253

Pengertian startup (Start-Up) adalah sebuah sebutan yang mengarah pada perusahaan baru yang belum lama beroperasi atau sedang dalam tahap pengembangan serta masih masih dalam mengkaji pasar yang tepat untuk memasarkan produk mereka.

Secara bahasa, startup ini berasal dari kata start (yang artinya itu mulai) dan juga up (yang artinya adalah naik atau meningkat). Istilah startup ini juga adalah kata serapan dari bahasa inggris yang berarti sebuah tindakan atau proses memulai organisasi baru atau usaha bisnis.

Saat ini bisnis startup ini digunakan untuk menjelaskan perusahaan yang berfokuskan pada teknologi, web, internet serta hal lainnya yang masih terkait.


Sejarah Startup

Sejarah awal dari kemunculan istilah startup ini kemudian dipopulerkan oleh buble dot-com yakni sekitar pada tahun 1998-2000. Istilah itu cepat mendunia dan juga banyak pengusaha yang kemudian mendirikan bisnis dot-com dengan secara bersamaan, banyak perusahaan yang kemudian membuka website pribadi dan juga perkembangan internet saat itu membuat banyak orang yang memulai bisnis mereka.


Karakteristik Bisnis Startup

dibawah ini adalah ciri-ciri dari perusahaan startup, diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Perusahaan baru berdiri itu kurang dari 3 (tiga) tahun.
  2. Jumlah karyawan yang dimiliki kurang dari 20 orang.
  3. Penghasilan pertahunnya masih kurang dari $100.000.
  4. Tengah dalam fase perkembangan.
  5. Umumnya berbasis teknologi dan web (online).
  6. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi digital.
  7. Umumnya berjalan lewat website.

Tujuan Startup

Bagi sebuah perusahaan, startup tersebut bertujuan untuk menumbuhkan serta juga mengembangkan perusahaan suapaya tetap konsisten. Tujuan utama dari startup tersebut tentu harus menyelesaikan masalah, oleh karena itu startup tersebut biasanya dimulai dengan masalah yang membutuhkan adanya solusi.


Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Untuk di Indonesia sendiri Perusahaan rintisan kemudian berkembang cukup pesat dan juga menjanjikan. Terdapat banyak founder baru yang kemudian bermunculan tiap-tiap bulan dan juga tahunnya bahkan startup lokal Indonesia ini kemudian diperkirakan terdapat sekitar 1500 lebih sampai pada saat ini selain itu pengguna internet di Indonesia juga terus berpotensi naik ditiap-tiap tahunnya sehingga hal tersebut akan sangat bagus untuk bisa mendirikan perusahaan startup. Perkembangan industri digital ini sejatinya dipengaruhi oleh meningkatnya daya beli dan pendapatan perkapita rakyat Indonesia.


Jenis Startup di Indonesia

Ada 3 golongan startup yang ada untuk saat ini dan juga berkembang di Indonesia, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Startup aplikasi pendidikan
  • Startup pencipta game
  • Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi.

Disebabkan oleh karna pembuatan game dan juga aplikasi pendidikan cukup mudah maka kemudian startup yang berkembang pada bidang ini mempunyai pasar yang potensial dan juga sangat terbuka. Media sosial dan juga smartphone yang juga kian berkembang membuat pasar bagi mobile game serta juga social game ini juga ikut berkembang.

Sedangkan untuk website atau pun juga aplikasi e-commerce di Indonesia saat ini masih cukup besar sebab pemakaian kartu kredit yang masih minim. Sedangkan untuk website ataupun aplikasi informasi yakni dengan berbagai macam tema justru memiliki perkembangan yang lebih cepat.

Saat ini juga telah banyak dari komunitas para pendiri startup di Indonesia, yangmana di dalam komunitas itu para anggotanya dapat atau bisa segala macam informasi, yang sama-sama saling membimbing serta juga memberikan tips guna mendapatkan para penanam modal.


Cara Membangun Bisnis Startup

Dibawah ini adalah beberapa tips yang merupakan hal dasar yang dilakukan sebelum membuka bisnis startup, antara lain yakni sebagai berikut :

  1. Mulailah dengan ide sederhana serta jangan ikut-ikutan tren.
  2. Tentukan tujuan dengan jelas.
  3. Identifikasi target pasar dengan cara melakukan analisa terlebih dahulu.
  4. Bangun networking dan rancang rencana ke depan
  5. Perhatikan kompetitor
  6. Agar tujuan dan juga target startup tersebut dapat tercapai serta bisa dikembangkan maka kemudian harus dibuat timeline yang jelas.
  7. Pastikan orang yang terlibat di dalam stratup tersebut mempunyai visi serta misi yang sama sehingga akan menciptakan kelompok yang solid dan juga positif.
  8. Buatlah budaya terbaik yang kuat bagi semua orang yang terlibat di dalam startup.
  9. Lakukan dengan sangat konsisten, disebabkan untuk hal tersebut pasti akan ada rintangan yang tentu harus dihadapi di dalam tiap-tiap usaha.
  10. Dengan konsisten di dalam menghadapi semua rintangan dan halangan yang ada maka hal tersebut akan membuat bisnis startup itu akan lebih maju.

Faktor Pendukung Startup

Ada beberapa faktor yang kemudian mendukung dari perkembangan startup di Indonesia, diantaranya yakni sebagai berikut :

Masyarakat Indonesia selalu terbuka dengan teknologi baru.

Jikakita lihat pada saat ini terdapat banyak sekali pengguna Internet aktif di Indonesia dari hal tersebut tentu  akan berdampak juga pada peluang bisnis yang juga kian membesar.


Jumlah penduduk Indonesia yang banyak.

Oleh karna terdapat Banyaknya penduduk juga maka tentu kebutuhannya pun akan banyak serta yang pastinya  akan menjadi peluang bisnis yang besar.


Pelayanan startup yang baik.

Semakin baik dan juga bagus pelayanan sebuah startup itu tentu akan membuat pelanggan atau konsumennya pun juga semakin banyak.


Modal dari investor serta dukungan pemerintah.

Tanpa modal, maka bisnis jenis apa pun pasti tidak akan bisa berkembang. Dukungan dari pemerintah pun tentu akan menjadi penentu dari berkembangnya sebuah startup, apabila pemerintah itu tidak mendukung maka pasti startup tersebut juga akan sangat sulit untuk bisa berkembang.


Contoh Startup di Indonesia

Dibawah ini adalah beberapa dari contoh startup yang ada di Indonesia, diantaranya :

  1. Tokopedia
    Tokopedia ini merupakan sebuah perusahaan teknologi Indonesia yakni dengan misi mencapai pemerataan ekonomi itu dengan secara digital. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia ini sudah/telah bertransformasi dan kemudian menjadi sebuah unicorn yang sangat berpengaruh tidak hanya di Indonesia namunjuga di Asia Tenggara
  2. KitaBisa
    Kitabisa.com ini ialah platform didalam menggalang dana dan juga berdonasi dengan secara online (crowdfunding).
  3. Go-Jek
    Gojek ini merupakan perusahaan teknologi yang berasal dari Indonesia yang melayani pada jasa angkutan dengan melalui jasa ojek.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Startup, Tips, Tujuan, Karakteristik, Cara Membangun dan Contoh, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Originally posted 2021-01-25 14:44:59.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *