Pondoksalam – Pada kesempatan ini akan dibahas tentang pengertian waralaba dan contoh waralaba di indonesia ini, sebelumnya juga sudah di uraikan apa saja yang perlu anda ketahui tentang franchise-waralaba pada artikel ini Pengertian Franchise, 3 Jenis, Tips dan Cara Membeli.
Pengertian Waralaba
Ada banyak yang gagal paham tentang Waralaba dan Franchise ini, Waralaba dalam bahasa inggris adalah franchise jadi perbedaan dalam kedua kata tersebut adalah dari segi bahasa, dari segi pengertian waralaba atau franchise memiliki arti yang sama yaitu penerima, pemakai, pengguna merk/brand tertentu.
Jadi sederhananya, waralaba merupakan tipe bisnis (Kerjasama) yang dioperasikan atau dijalankan oleh banyak individu namun memiliki merk / brand yang sama, contoh waralaba makanan seperti cfc asal Indonesia yang tersebar luas sampai keluar negeri dan dijalankan oleh individu – individu berbeda namun menggunakan merk dagang cfc.
Jenis Waralaba (Franchise)
Dan juga peranan dari jenis franchise itu sendiri, sebab di dalam franchise ada beberapa jenis diantaranya :
1. Franchisor
Franchisor (pemilik waralaba), baik itu di dalam bentuk perorangan ataupun di dalam bentuk badan usaha yang kemudian memberikan hak kepada pihak lain di dalam memakai atau menggunakan serta juga memanfaatkan Hak Kekayaan Intelektual yang berkaitan dengan bisnisnya.
2. Franchise
Franchise (penerima waralaba) yang diberikan otoritas di dalam memakai atau menggunakan hak kekayaan intelektual dari suatu brand.
3. Franchise Fee
Franchise fee adalah biaya awal yang wajib dibayarkan oleh penerima waralaba sebelum yang bersangkutan (franchise) memulai bisnis. Biaya itu kemudian mencakup;
- Biaya lisensi penggunaan nama brand,
- Biaya penggunaan sistem operasional,
- Biaya survei lokasi,
- Desain outlet,
- Penyusunan rencana bisnis,
- Stok awal,
- Pelatihan, supervisi, dan
- Launching bisnis.
4. Royalty Fee
Royalty fee ini merupakan biaya yang wajib dibayarkan oleh penerima waralaba setelah ia menjalankan bisnisnya. Umumnya berupa suatu persentase dari pendapatan yang diterima oleh franchise pada tiap-tiap bulannya di luar pajak.
Tujuan Waralaba
Yang namanya memulai suatu bisnis waralaba, contoh waralaba makanan pasti tujuan akhirnya adalah keuntungan yang banyak, begitu juga dengan waralaba ini, selain itu tujuan dari waralaba adalah :
- Meminimalkan Resiko Kerugian.
- Tidak Perlu Mengenalkan Produk atau Jasa sebab umumnya brand atau merk dagang franchisor sudah memiliki dikenal banyak orang.
- Menyederhanakan kegiatan atau aktivitas seseorang yang baru memulai usaha.
Skema Waralaba
Tujuan waralaba diatas bisa terjadi karena skema atau cara kerja dari waralaba khususnya di Indonesia mempunyai standar atas pelayanan produk atau jasa yang dibuat secara tertulis, hal ini agar penerima waralaba bisa melakukan usaha dalam kerangka kerja yang sama dan jelas.
Di Indonesia Khususnya, bisnis franchise ini diatur dalam Peraturan Pemerintah RI No 42 Thn 2007 dan juga Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019.
Bisnis Waralaba ini mudah untuk dilakukan sebab penerima waralaba akan dipandu dan diajarkan untuk memulai bisnis dari produk atau jasa terkait.
Contoh Waralaba
Ada banyak sekali contoh dari bisnis waralaba (franchise) ini :
Contoh Waralaba Di Indonesia
Dibawah ini merupakan contoh Waralaba di Indonesia, diantaranya :
19 Contoh Waralaba Minuman Di Indonesia |
|
---|---|
12 Contoh Waralaba Makanan Di Indonesia |
|
6 Contoh Waralaba Jasa / Logistik Di Indonesia |
|
5 Contoh Waralaba Retail Di Indonesia |
|
2 Contoh Waralaba Laundry Di Indonesia |
|
18 Contoh Waralaba Dari Luar Negeri
Setelah kita mengetahui contoh warlaba di indonesia, dibawah ini merupakan beberapa daftar waralaba asing atau luar negeri, diantaranya :
- McDonald’s
- Starbucks
- 7-Eleven
- Lawson
- The Body Shop
- Wendy’s
- Circle K
- Pizza Hut
- Burger King
- Domino Pizza
- KFC
- Baskin Robbins
- Carrefour
- Ace Hardware
- InterContinental Hotels
- Kumon
- A&W Restaurant
- Papa John’s
Demikianlah ulasan tentang Pengertian Waralaba dan Contohnya, kami berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk anda.