√ Pengertian Geografi, Konsep, 3 Ruang Lingkup, 22 Cabangnya

Pondoksalam – Pengertian Geografi – Eratosthenes (276-104 SM) mengemukakan dalam bukunya Geographika bahwa geografi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata Geo memiliki arti Bumi dan Graphein yang berarti tulisan dalam arti geografi adalah ilmu tentang bumi.

pengertian-geografi

Namun Dalam arti luas Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi, benda-benda yang diluar bumi, flora dan fauna, udara, iklim dan lain sebagainya yang berinteraksi dengan bumi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian geografi menurut para ahli  :

  1. Prof. Dr. I Made Sandy mengemukakan pendapatnya bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha untuk menemukan dan memahami persamaan dan perbedaan yang terdapat dalam ruang muka bumi.
  2. N. Daldjoeni, Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kegiatan-kegiatan manusi dalam suatu ruang (Bumi, Luar angkasa).
  3. Ferdinan Von Richthofer, geografi adalah ilmu yang mempelajari gejala dan sifat-sifat permukaan bumi , dan pendudukannya serta menjelaskan hubungan sebab akibatnya.

Konsep Dasar Geografi

Menurut Gertrude Whipple terdapat 5 konsep dasar geografi, antara lain sebagai berikut :

  1. Konsep bumi sebagai suatu planet
  2. Konsep beraneka ragam cara hidup
  3. Konsep beraneka ragam wilayah alam
  4. Konsep pentingya wilayah bagi manusia
  5. Konsep pentingnya letak untuk memahami peristiwa dunia.

Namun terdapat referensi lain tentang imu geografi , didalam referensi tersebut terdapat 10 konsep dasar antara lain sebagai berikut :

  1. Konsep lokasi/letak
  2. Konsep jarak
  3. Konsep keterjangkauan
  4. Konsep pola
  5. Konsep geomorfologi/morfologi
  6. Konsep aglomerasi
  7. Konsep differensiasi area
  8. Konsep nilai kegunaan
  9. Konsep interkasi interdependensi
  10. Konsep kerkaitan keruangan
Mungkin Kamu Tertarik :  √ Kinerja Keuangan, Rasio, Pengukuran, 8 Analisis, Tujuan

Ruang Lingkup Geografi

Dalam ruang lingkup geografi kita sebenarnya dalam melihat bahwa ruang lingkup geografi ini sangat luas seperti pengertian diatas, karena pada dasarnya ilmu geogradi ini tidak dapat dikuasi dengan 1 mata pelajaran itulah sebabnya terdapat ilmu-ilmu penunjang geografi.

Namun tetapi apabila bumi dilihat dari segi teori lingkungan hidup , permukaan bumi dapat dikelompokan menjadi 3 bagian, antara lain sebagai berikut :

  1. Lingkungan fisikal, adalah segala sesuatu sekitar manusia yang berupa makhluk tidak hidup misalnya tanah, udara, air, dan juga sinar matahari.
  2. Lingkungan biologis, adalah segala sesuatu sekitar manusia yang berupa makhluk hidup , seperti binatang dan tumbuhan.
  3. Lingkungan sosial, adalah segala sesuatu sekitar manusia yang berwujud tindakan atau kegiatan manusia dalam suatu hubungan antar alam atau antarmanusia.

Cabang Ilmu Geografi

Adapun cabang ilmu geografi diantaranya :

1. Meteorologi

Meteorologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang perihal atmosfer, seperti halnya, suhu, udara, cuaca, angin, dan segala macam sifat fisika dan kimia atmosfer lainnya.

2. Klimatologi

Klimatologi adalah cabang ilmu geografi yang menyelidiki ataupun mempelajari tentang masalah iklim.

3. Astronomi

Astronomi merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang benda-benda langit di luar atmosfer bumi, seperti, matahari, bulan, bintang, dan ruang angkasa.

4. Geologi

Geologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bumi secara keseluruhan, paling utama batu- batuannya, seperti halnya, sejarah kejadian, komposisi, struktur, serta juga proses perkembangan batuan.

5. Geomorfologi

Geomorfologi (morfo artinya bentuk) merupakan salah cabang ilmu geografi yang mempelajari perihal bentuk muka bumi dan juga segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.

6. Ilmu tanah

Ilmu Tanah merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tanah-tanah secara keseluruhan, melingkupi juga sifat fisik serta kimia tanah, struktur tanah, persebaran jenis tanah, dan hal lain sebagainya.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Ahli, 4 Komponen, Fungsi

7. Hidrografi/hidrologi

Hidrologi (hidro artinya air) merupakan cabang ilmu yang berhubungan dengan pencatatan, survei, dan juga pemetaan siklus air (tawar) yang ada di bumi, baik itu yang berada pada permukaan maupun yang ada di dalam kerak bumi, melingkupi juga pola distribusi, sifat-sifat, dan juga karakteristik air.

Turunan dari hidrologi, antara lain :

  1. limnologi (mempelajari tentang danau)
  2. hidrometeorologi (mempelajari kondisi air di udara)
  3. hidrologi fluvial (sungai),
  4. groundwater hidrology (hidrologi air tanah).

8. Oseanografi

Oseanografi (ocean artinya laut) merupakan ilmu yang mempelajari tentang sifat fisik dan juga sifat kimia kelautan. Sifat fisik ini melingkupi arus laut, gelombang, dan juga suhu air laut. Sifat kimia meliputi salinitas dan keasaman air laut. Yang tentunya kedua hal tersebut berpengaruh terhadap ekosistem dan juga pemanfaatan laut.

9. Ekologi

Ekologi merupakan salah satu dari cabang ilmu geografi yang membahas tentang lingkungan hidup, mencakup di dalamnya hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya.

10. Biogeografi

Biogeografi (bio artinya hidup) adalah cabang ilmu geografi yang membahas dan menitikberatkan pada faktor-faktor alam yang memengaruhi penyebaran makhluk hidup.

11. Geografi manusia

Geografi manusia merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang mengkaji mengenai aspek sosial, ekonomi, serta penduduk.

12. Geografi Politik

Merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang negara yang ditinjau dari sudut pandang letak negara itu di muka bumi, sehingga bisa diketahui kondisi alamnya, karakteristik penduduknya, dan juga dasar-dasar pengambilan kebijakan politik dari negara tersebut.

13. Geofisika

Geofisika merupakan ilmu yang mengkaji sifat-sifat bumi (bagian dalam) dengan metode atau pun juga teknik fisika, misalnya di dalam mengkaji gempa bumi, gravitasi, dan juga medan magnet.

Mungkin Kamu Tertarik :  √ Pengertian Liberalisme, 6 Tokoh, Ciri, Sejarah dan Contoh

14. Geografi Penduduk

Cabang ilmu geografi yang membahas tentang penduduk dan juga kaitannya dengan pengaruh lingkungan hidupnya sehingga bisa memperlihatkan karakter dan juga sosial-budaya yang beraneka ragam.

15. Geografi Ekonomi

Merupakan cabang ilmu geografi yang khusus mempelajari mengenai ekonomi penduduk melingkupi distribusi perekonomian penduduk yang dipengaruhi oleh kondisi alam.

16. Antropogeografi

Merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang persebaran bangsa- bangsa yang ada dimuka bumi dilihat dari sudut pandang geografis, dikenal dengan istilah etnografi.

17. Paleontologi

Paleontologi merupakan ilmu tentang fosil-fosil dari bentuk kehidupan di masa purba yang berada di bawah lapisan-lapisan bumi.

18. Geografi regional

Merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang kawasan tertentu secara khusus, misalnya seperti, geografi Timur Tengah juga geografi Asia Tenggara.

19. Geografi Fisik

Merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang mengkaji tentang bentuk serta struktur permukaan bumi.

20. Geografi Matematik

Merupakan cabang ilmu geografi yang bisa digunakan di dalam memperlihatkan bentuk, ukuran, dan juga gerakan bumi, misalnya, lintang serta bujur geografi, meridian, paralel, dan juga luas permukaan bumi.

21. Geografi historis

Merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari bumi ditinjau dari sudut sejarah serta perkembangannya.

22. Katografi

Merupakan salah salah satu cabang ilmu yang mempelajari pemetaan permukaan bumi dengan memakai simbol yang tidak bersifat kontroversial. Cabang ilmu ini bisa bergabung dengan disiplin lain sesuai dengan tujuan pemetaan itu sendiri.

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Geografi dan konsep geografi semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar

/* */